4 Sehat 5 Sempurna: Menu Makanan Sehat yang Masih Wajib Ada

4 Sehat 5 Sempurna: Menu Makanan Sehat yang Masih Wajib Ada

4 Sehat 5 Sempurna: Menu Makanan Sehat yang Masih Wajib Ada? barangkali itu pertanyaan yang masih sering ditanyakan oleh para pemerhati makanan sehat. Lalu bagaimana sebenarnya definisi makanan sehat yang tepat?. Banyak yang punya definisi sendiri tentang makanan yang dianggap menyehatkan. Padahal, bila bukan ahli kesehatan, asal membuat definisi tentu berbahaya. Menurut beberapa artikel kesehatan, yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan dengan gizi seimbang.

makanan sehat adalah
http://www.monilando.com

Nah, mungkin sampai sini masih ada yang beranggapan bahwa kadar gizi seimbang bisa berbeda bagi setiap orang. Gizi seimbang dalam menu makanan sehat adalah yang kaya akan serat dan mengandung zat-zat lain yang diperlukan untuk perkembangan tubuh. Tanpa semua itu, tubuh akan kekurangan tenaga dan mudah sakit.

Meskipun sekarang sudah banyak menu dalam kemasan dengan judul ‘sehat’ pada bungkusnya, sebaiknya jangan mudah tertipu. Bila ingin sesehat mungkin, justru kita harus mengonsumsi makanan yang berasal dari bahan-bahan sealami mungkin. Banyak menu dalam kemasan yang sudah tercampur dengan bahan pengawet.

Masih ingat slogan “4 Sehat 5 Sempurna”? Bila generasi sekarang belum familiar, sebaiknya segera kenalkan mereka dengan konsep ini. Yang dimaksud dengan “4 Sehat 5 Sempurna” tersebut adalah:

1. Karbohidrat

Karbohidrat makanan sehat
http://www.dosenpendidikan.com

Selain nasi yang paling populer, menu berkarbohidrat lainnya termasuk: kentang, ubi, gandum, jagung, singkong, sagu, roti, hingga mie.

2. Protein

Protein makanan sehat
https://www.quickanddirtytips.com

Ada dua jenis protein, yaitu: protein nabati (tumbuhan) dan protein hewani. Bila nabati dapat ditemukan pada tahu, tempe, dan jamur, maka hewani ada pada daging ternak. Contoh: ayam, bebek, sapi, ikan, hingga produk susu.

3. Mineral

Mineral dalam makanan sehat
http://www.radiosilaturahim.com

Tidak hanya dalam air yang kita minum setiap hari, mineral juga banyak terkandung di dalam sayuran. Makanya, kekurangan sayuran berarti kekurangan mineral, sehingga manusia mudah menderita dehidrasi.

4. Vitamin

Vitamin pada makanan sehat
http://www.thirzaskin.com

Vitamin banyak terkandung pada buah-buahan. Suka minum jus atau mengonsumsi tablet vitamin C bergambar jeruk? Lebih baik konsumsi buah aslinya. Buah-buahan lebih alami dan sehat, karena tanpa bahan pengawet.

5. Susu

Susu pelengkap makanan sehat
https://www.peternakankita.com

Protein tidak hanya bisa didapatkan dari daging. Minuman susu pun memberikan asupan protein dan kalsium untuk pertumbuhan tulang. Bagi yang rajin minum susu dari kecil, mereka akan terhindar dari osteoporosis di usia senja nanti.

Bila susu termasuk “5 Sempurna”, maka yang disebut dengan “4 Sehat” adalah menu lainnya. Pembagiannya juga seperti ini:

1. Menu pokok, yaitu yang mengandung zat tepung serta karbohidrat

Menu pokok makanan sehat
http://lidianenoberto.blogspot.com

2. Lauk pauk, seperti: daging, tahu, dan menu lain yang biasanya mengandung protein.

9Laup pauk makanan sehat
http://mysusantiku.blogspot.com

3. Sayur

sayur makanan sehat
https://www.makanajib.com

4. Buah-buahan.

Buah buahan penunjang makanan sehat
http://tipsmenudiet.blogspot.com

Makanan Sehat = Semua Elemen dengan Takaran yang Tepat

Takaran tepat makanan sehat
https://lifestyle.okezone.com

Sesungguhnya, semua daftar menu di atas dapat disebut sehat. Yang membuat mereka menjadi kurang sehat adalah takarannya yang kadang berlebihan.

Contoh: menu kurang serat, seperti sayur dan buah. Mungkin ada anak kecil yang biasanya kurang suka sayur dan buah. Bisa jadi karena sayurannya kurang diolah sehingga tampak menarik atau banyaknya makanan cepat saji yang lebih menggiurkan. Padahal, ini berakibat buruk bagi kesehatan mereka.

Makanan tidak sehat
merdeka.com

Begitu juga dengan orang dewasa yang terlalu sibuk. Karena terburu-buru hendak berangkat kerja, sering mereka hanya mengambil sarapan seadanya. Saat makan siang juga begitu. Kemudahan untuk mendapatkan jajanan cepat saji menjadi penyebabnya. Padahal, jumlah karbohidrat yang dikonsumsi jadi berlebihan.

Sesungguhnya, manusia tetap membutuhkan semua elemen yang termasuk dalam “4 Sehat 5 Sempurna”, termasuk karbohidrat. Tanpa karbohidrat, mereka tidak akan bertenaga dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

makanan sehat berserat
https://www.diedit.com

Selama dalam takaran yang tepat, yaitu seimbang, karbohidrat pun tetap baik untuk dikonsumsi. Hanya saja, jangan sampai melebihi menu lain yang berserat. Bahkan, makanan sehat seperti yang digambarkan dalam piramida makanan adalah komposisi menu berserat lebih banyak dan lebih baika daripada karbohidrat. Energi tetap ada, kesehatan terus terjaga. Jangan lupa makan teratur dan sempatkan berolahraga rutin, ya!

Leave a Comment