6 Makanan Sehat Anak untuk Tumbuh-Kembang Mereka

6 Makanan Sehat Anak untuk Tumbuh-Kembang Mereka

Sebagai orang tua, salah satu tantangan membesarkan putra dan putri tercinta adalah soal makanan. Tahu sendiri ‘kan, pada usia-usia tertentu, mereka suka pilih-pilih menu? Mengenalkan makanan sehat anak menjadi perjuangan, apalagi bila belum apa-apa sudah mendapatkan penolakan.

Makanan sehat anak yang menurut orang tua belum tentu tampak menarik di mata mereka. Hal ini juga dipengaruhi oleh akses mudah mereka ke jajanan di luar rumah. Padahal, jajanan tersebut belum tentu sehat. Tidak hanya tampak menggiurkan, teman-teman sekolah yang membeli juga mengajak mereka ikutan.

Jadi, kira-kira jenis makanan sehat apa yang cocok untuk si kecil? Inilah enam (6) menu yang dapat menjadi rekomendasi para orang tua:

1. Ikan

Makanan Sehat Anak
https://republika.co.id

Si kecil masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Untuk itu, otaknya perlu mendapatkan asupan bergizi berupa Omega 3. Asam lemak ini dapat ditemukan pada sumber protein bernama ikan dan minyak ikan.

Salmon, tuna, dan sarden termasuk jenis ikan yang kaya Omega 3. Agar fungsi otak putra dan putri Anda berkembang dengan baik, Anda bisa menyajikan menu ini secara kreatif. Misalnya: dalam bentuk sushi atau mengajak mereka memilih sendiri jenis bumbu yang disukai.

2. Susu dan Produk Olahannya

Makanan Sehat Anak
http://www.parenting.co.id

Untuk menu ini, sepertinya Anda tidak akan begitu kesulitan. Apalagi, biasanya anak-anak suka minum susu dan makan keju. Kandungan kalsium, protein, dan vitamin yang tinggi dapat memperkuat tulang mereka. Untuk anak yang aktif, berikanlah susu dan keju setiap hari, tentu masih dalam porsi yang wajar.

Untuk porsi yang wajar, Anda cukup memberikan mereka susu dan keju setiap pagi saat sarapan. Apalagi, setelah itu mereka siap ke sekolah dan beraktifitas.

3. Wortel

Makanan Sehat Anak
http://doktersehat.com

Sebenarnya wortel makanan sehat yang enak dikonsumsi. Masalahnya, ada beberapa anak yang kurang menyukainya. Yang belum mencoba mungkin kurang tertarik dengan wujudnya. Yang sudah mungkin merasa wortel masih kalah manis dengan kue-kue yang mereka suka.

Wortel mengandung vitamin A yang dapat menyehatkan mata si kecil. Namun, bagaimana bila mereka enggan memakannya atau mencoba? Selain disuguhkan dengan sup hangat, wortel dapat dibuat dalam bentuk jus. Segar dan manis, namun tetap menyehatkan.

Anda juga bisa mencoba membuat carrot cake atau kue wortel. Tapi, jangan beritahu mereka dulu isinya hingga mereka mencicipinya. Bila mereka suka, berarti misi Anda berhasil.

4. Gandum

Gandum Makanan Sehat Anak
https://perawatanbayi.com

Memang, gandum sedikit agak mahal di Indonesia. Namun, anggap saja ini investasi jangka panjang untuk kesehatan si kecil. Jika ingin karbohidrat kompleks yang memberi mereka tenaga namun tanpa menaikkan berat badan, roti gandum dan biji-bijian adalah solusi jitu.

5. Kacang-Kacangan

Makanan sehat kacang kacangan
http://media-kesehatan-online.blogspot.com

Karbohidrat, vitamin, lemak, dan antioksidan banyak terkandung di dalam kacang-kacangan. Menu camilan ini dapat menyehatkan mereka secara fisik dan mental, sekaligus melindungi tubuh dari racun seperti polusi.

6. Buah-Buahan

Makanan Sehat Anak
https://www.klikdokter.com

Si kecil malas makan buah? Hmm, sepertinya banyak orang tua yang mengalaminya. Padahal, buah-buahan punya beragam warna, tekstur, rasa, hingga kandungan nutrisi. Selain menjaga tenaga, buah-buahan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Contoh: kiwi dan jeruk yang mengandung vitamin C. Kenapa buah buahan ini sangat penting sekali untuk si kecil, karena buah buahan dan sayuran ternyata masuk dalam urutan ketiga kategori makanan sehat dan bergizi dalam piramida makanan

Selain membuatnya dalam bentuk jus alami (tanpa pemanis tambahan), campurkan potongan buah-buahan ke dalam sereal mereka untuk sarapan pagi. Tidak perlu repot-repot mengupas, mereka tinggal memakannya. Mudah sekali, bukan?

Banyak cara untuk membujuk si kecil agar mau mengonsumsi makanan sehat anak yang Anda sediakan. Bahkan, Anda bisa membuat bentuk lucu-lucu agar mereka tertarik. Misalnya: wortel berbentuk bintang atau apel yang dipotong berbentuk hati. Intinya, menggunakan variasi  agar mereka mau memakannya.

Related