Makanan Sehat dan Bergizi Menurut Piramida Makanan

Makanan Sehat dan Bergizi Menurut Piramida Makanan

Mungkin Anda termasuk yang sepakat dengan pendapat ini: makanan yang menyehatkan pasti banyak gizinya. Ya, makanan sehat dan bergizi adalah makanan yang bernilai gizi seimbang dan berisi nutrisi sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa jumlah gizi dan nutrisi yang tepat, jangan harap bisa disebut sehat.

Bila dulu banyak yang mengenal istilah 4 Sehat 5 Sempurna”, sekarang piramida makanan yang menjadi andalan. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. Jadi, makanan sehat dan bergizi yang Anda konsumsi belum tentu sama dengan yang harus dimakan orang lain.

Jadi, seperti apakah piramida makanan yang dapat menjadi acuan hidup sehat? Agar tidak bingung, inilah rincian piramida makanan sehat untuk Anda:

1. Baris Pertama: Delapan Gelas Air Putih Per Hari

Makanan Sehat dan Bergizi
http://riaucitizen.com

Bila dalam “4 Sehat 5 Sempurna” ada anjuran untuk minum susu, maka dalam piramida ini justru lebih ditekankan untuk banyak minum air putih. Delapan gelas air putih sehari adalah porsi minimal. Bila ingin lebih (terutama saat cuaca panas atau sedang kelelahan), Anda boleh menambahnya.

Selain dapat mencegah dehidrasi, air putih dapat mempertahankan kekenyalan kulit dan meningkatkan konsentrasi. Bila merasa lapar, minumlah segelas air putih dulu. Kadang yang kita rasakan lapar sebenarnya rasa haus. Bila setelahnya masih lapar, berarti kita memang harus makan.

2. Baris Kedua: Karbohidrat

Makanan Sehat dan Bergizi
https://www.tokopedia.com

Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi manusia. Semakin banyak yang dikonsumsi, maka semakin sering Anda harus bergerak. Bila tidak, karbohidrat akan diproses menjadi gula dan tertimbun di dalam badan. Inilah salah satu penyebab umum kenaikan bobot tubuh.

Bila khawatir akan bosan dengan menu yang sama, masih banyak sumber karbohidrat selain nasi. Bahkan, beberapa di antaranya cukup kompleks dan lebih ringan, seperti: ubi, singkong, atau sagu.

Untuk amannya, konsumsilah sekitar tiga porsi besar atau 4 sampai 5 porsi kecil setiap harinya. Bila masih ragu, berkonsultasilah dengan ahli gizi.

3. Baris Ketiga: Sayuran dan Buah

Makanan Sehat dan Bergizi
http://manfaat-buah.com

Mengapa sayuran dan buah-buahan menempati baris ketiga dalam piramida makanan ini? Dengan kandungan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, dua menu berserat ini dapat melancarkan pencernaan. Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan bobot tubuh sendiri tanpa harus berdiet khusus.

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran sebanyak tiga hingga lima porsi per hari. Untuk buah-buahan, konsumsilah sekitar dua hingga tiga porsi sehari. Kedua menu ini juga bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh.

4. Baris Keempat: Protein

Makanan Sehat dan Bergizi
https://www.pertanianku.com

Apa sajakah yang menjadi sumber protein di sini? Ada protein nabati, yaitu yang berasal dari tumbuhan. Contoh: jamur, tahu, tempe, kacang kedelai, dan kacang-kacangan lain. Untuk protein hewani, ada daging ikan, ayam, bebek, sapi, hingga kambing. Ada juga produk susu dan keju (biasanya dari sapi atau kambing).

Meskipun protein hewani lebih mengandung banyak lemak, bukan berarti menu ini harus dijauhi bila ingin berdiet. Selain porsinya tepat (kira-kira dua hingga tiga porsi per hari), cara pengolahannya juga harus lebih sehat. Misalnya: pilih daging rebus, tumis, atau panggang daripada yang digoreng.

5. Puncak dan Alas Piramida Makanan

Makanan Sehat dan Bergizi
https://duniaolahraga.wordpress.com

Puncak piramida ini berisi kadar gula, garam, dan minyak yang secukupnya. Alasnya sendiri bisa berubah seiring waktu dan kebutuhan tubuh untuk lebih sehat. Faktor usia dan anjuran dokter juga mempengaruhi perubahan alas piramida makanan.

Sesungguhnya tidak sulit bila ingin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari agar tubuh sehat dan bugar. Selain mengikuti acuan piramida makanan ini, barengi dengan olahraga dan istirahat teratur. Lebih baik lagi bila belajar memasak semuanya sendiri.

Related

Leave a Comment