Makanan Sehat Ibu Hamil Untuk Pertumbuhan Janin Yang Optimal

Makanan Sehat Ibu Hamil Untuk Pertumbuhan Janin Yang Optimal

Jenis Makanan sehat ibu hamil untuk pertumbuhan janin yang optimal banyak sekali ragamnya, nah disini nanti akan kita bahas apa saja macam dan ragamnya..!kehamilan adalah sebuah hal yang sangat menakjubkan. Di dalam perut Anda, tumbuh makhluk hidup mungil yang nantinya akan mewarnai hari-hari dengan tawa, tangis, dan berbagai cerita. Dan sebagai ibu hamil, Anda tentunya ingin memberikan segala hal yang terbaik bukan untuk si janin? Hal ini termasuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Dalam proses memberikan yang terbaik bagi janin, para calon ibu juga dihadapkan pada berbagai pantangan. Maklum, apa yang mereka konsumsi, apa yang mereka hirup, bahkan apa yang mereka rasakan, semuanya akan berdampak pada janin yang dikandung.

Untuk itu, penting bagi Anda memahami apa saja pantangan-pantangan yang harus dituruti oleh para ibu hamil. Nah, berikut adalah beberapa pantangan tersebut:

1. Mengonsumsi Olahan Daging Mentah

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.idntimes.com

Anda suka sushi mentah atau steak medium-rare? Sebaiknya hindari dulu kedua jenis makanan tersebut saat hamil. Daging yang masih mentah mengandung bakteri Listeria yang dapat mendatangkan risiko keguguran. Lebih baik Anda mengonsumsi daging yang sudah digoreng matang saja, ya.

2. Menghirup Asap Rokok

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.liputan6.com

Bukan sekadar merokok secara aktif, menjadi perokok pasif juga akan membuat Anda menghadapi risiko keguguran. Saat hamil, sebaiknya jauhi tempat-tempat yang dipenuhi oleh para perokok. Dan apabila suami atau bagian dari keluarga adalah perokok, beri pengertian pada mereka untuk tidak merokok di depan Anda dan mengganti baju yang dipakai saat merokok.

3. Mengonsumsi Minuman Beralkohol dan Kafein

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://cantik.tempo.co

Bukan hanya membuat rahim dan janin menjadi tegang, minuman beralkohol dan kafein juga akan menimbulkan risiko keguguran bahkan bayi lahir cacat. Anda tak mau hal tersebut terjadi pada janin Anda. Untuk itu, pada saat hamil dan menyusui, jauhi kedua minuman tersebut.

4. Mengonsumsi Makanan Laut

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://lifestyle.okezone.com

Makanan-makanan yang berasal dari laut memang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan terbukti dapat meningkatkan perkembangan otak. Namun saat hamil, lebih baik hindari seafood. Apalagi bila Anda memiliki riwayat alergi.

Terlalu banyak mengonsumsi seafood bisa saja berbahaya bagi janin, karena ada kemungkinan bahwa Anda menurunkan alergi tersebut kepadanya. Selain itu, seiring dengan berkembangnya zaman, lautan pun semakin tercemar dan bukan tidak mungkin makanan laut yang Anda konsumsi telah tercemar oleh zat-zat berbahaya seperti merkuri.

5. Terpapar Zat Kimia Beracun

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.liputan6.com

Hindari barang-barang atau tempat yang dipenuhi oleh paparan zat-zat kimia. Apabila zat-zat tersebut terhirup atau tertelan oleh Anda, hal tersebut akan menimbulkan dampak yang buruk bagi janin. Dampak-dampak buruk itu antara lain, alergi pada janin hingga kerusakan fungsi otak.

6. Terpapar Suhu Panas

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.cnnindonesia.com

Bukan hanya membuat Anda dehidrasi, terpapar suhu panas juga dapat menyebabkan bayi lahir prematur bahkan cacat, lho. Maka, penting bagi ibu hamil menghindari tempat-tempat yang terlalu panas dan meningkatkan suhu tubuh

7. Mengangkat Beban Berat

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.go-dok.com

Tahukah mengapa Anda mudah mengalami cedera saat hamil? Pasalnya saat Anda hamil, peningkatan progesteron membuat jaringan pengikat ligamen menjadi lebih relaks. Untuk itu, ibu hamil tak disarankan melakukan aktivitas dan mengangkat beban yang berat. Cedera tersebut bahkan bisa menggugurkan kandungan.

Selain memperhatikan pantangan-pantangan tersebut, ibu hamil juga harus kritis terhadap mitos dan fakta yang beredar terkait kehamilan. Alih-alih dapat melalui masa kehamilan mempercayai mitos yang salah justru dapat berbahaya bagi kandungan Anda.

Maka dari itu, kenali mitos dan fakta seputar kehamilan agar Anda tidak mengambil keputusan yang salah. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta yang beredar seputar kehamilan :

1. Minum Air Es Menyebabkan Bayi Obesitas

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.halodoc.com

Keyakinan di atas adalah mitos belaka. Air, apapun bentuknya, tidak akan berpengaruh pada berat badan janin Anda. Yang membuat bayi memiliki berat badan berlebih adalah pola gizi ibu hamil yang tidak seimbang dan terlalu banyak gula.

2. Libido Meningkat Saat Hamil Muda

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.viva.co.id

Tahukah Anda bahwa hal ini adalah fakta? Pada saat Anda hamil 4 bulan hingga memasuki trimester kedua, libido Anda akan meningkat dan keinginan untuk berhubungan seks semakin besar. Tidak masalah, kok, berhubungan seks saat hamil. Hanya saja, gunakan posisi seks yang aman bagi janin dan nyaman untuk Anda

3. Rajin Mengonsumsi Suplemen, Semakin Meningkat Kesehatan Janin

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://abiummi.com

Suplemen memang dapat melengkapi kebutuhan vitamin dan gizi ibu hamil. Namun bila Anda rajin mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dengan kandungan gizi lengkap, maka tak perlu lagi mengonsumsi suplemen. Terlalu berlebihan mengonsumsi suplemen dalam jangka panjang justru dapat berisiko merusak ginjal.

4. Meminum Air Kelapa Hijau Dapat Membuat Kulit Bayi Cerah

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL
https://www.liputan6.com

Kabarnya bila ibu hamil rajin mengonsumsi air kelapa hijau, maka kulit bayi pun nantinya akan menjadi cerah. Warna minuman yang Anda konsumsi tak berpengaruh terhadap warna kulit bayi. Warna kulit anak Anda bergantung pada faktor genetik. Namun, air kelapa hijau dapat mengurangi dehidrasi dan memberikan tenaga saat persalinan.

5. Konsumsi Nanas Berbahaya Bagi Kandungan

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://healindonesia.com

Banyak orang yang meyakini bahwa nanas adalah buah yang dapat menggugurkan kandungan. Hal tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya salah, karena nanas memiliki sifat abortivum yang dapat membuat kandungan dalam usia dini berpotensi keguguran. Jadi, jangan pernah mengonsumsi nanas saat sedang hamil.

6. Ibu Hamil Harus Makan dengan Porsi Dua Kali Lebih Banyak

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://www.okaydoc.com

Saat hamil, Anda memang harus menambah jumlah kalori sebesar 300 kalori. Namun bukan berarti Anda harus makan dengan porsi dua kali lipat lebih banyak daripada biasanya. Perkataan bahwa ibu hamil memberi makan dua orang memang tidak salah. Meski begitu, janin tidak membutuhkan makanan dengan porsi sebanyak Anda.

Terlalu banyak makan justru akan membuat Anda berpotensi terkena obesitas dan hal tersebut tidak sehat untuk janin. Janin juga bisa terkena berat badan berlebih yang akan membahayakan kesehatannya kelak.

Yang terpenting dari pola konsumsi ibu hamil bukanlah kuantitas makanan, tetapi kualitasnya. Pastikan bahwa makanan-makanan yang Anda konsumsi adalah makanan sehat untuk ibu hamil dan memiliki gizi tinggi. Makanan bergizi tinggi akan sangat menunjang pertumbuhan janin Anda.

Selain itu, hindari pula makanan-makanan ini saat sedang hamil. Mengonsunsi makanan-makanan ini dapat membahayakan kandungan, lho! Apa sajakah makanan-makanan itu? Berikut adalah daftarnya:

1. Kopi

Makanan sehat untuk ibu hamil
http://jabar.tribunnews.com

Kopi mengandung kafein yang amat tinggi. Tidak hanya membuat Anda menjadi sulit tidur, kopi juga dapat mengganggu pertumbuhan janin. Kopi dengan kandungan kafein tinggi yang dikonsumsi secara rutin juga dapat meningkatkan risiko keguguran. Mengerikan sekali, bukan?

2. Daging Mentah dan Daging Gosong

Makanan sehat untuk ibu hamil
http://todayfatmawati.blogspot.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, daging mentah mengandung bakteri yang dapat menyebabkan kecacatan dan alergi pada bayi. Jadi, selalu pastikan daging telah digoreng dengan matang, ya. Namun jangan sampai daging tersebut menjadi gosong, karena daging gosong pun juga dapat meracuni janin Anda.

3. Telur Mentah

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://lifestyle.kompas.com

Sama seperti daging mentah, telur mentah juga mengandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Gorenglah telur Anda dengan matang dan pastikan tidak ada bagiannya yang masih berupa cairan kental.

4. Makanan Berpengawet

Makanan sehat untuk ibu hamil
http://datinpranastiti99.blogspot.com

Suka mengonsumsi mi instan atau camilan-camilan ringan? Sebaiknya Anda tinggalkan dulu kebiasaan tersebut karena makanan-makanan itu mengandung pengawet yang dapat merusak perkembangan otak janin Anda.

5. Lalapan

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://resepmasakankreasi.com

Sayuran memang sehat. Namun sayuran yang belum dimasak hingga matang seperti lalapan misalnya, justru berbahaya bagi ibu hamil. Lalapan mengandung banyak bakteri yang justru bisa menyebabkan alergi dan juga menghambat pertumbuhan janin

6. Minuman dengan Pemanis Buatan

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://cantik.tempo.co

Tidak hanya berbahaya bagi Anda, minuman dengan pemanis buatan juga berpotensi memberikan ancaman diabetes terhadap bayi dalam kandungan, lho. Untuk itu, kurangi dan kalau perlu, hindari minuman-minuman dengan pemanis buatan. Konsumsi minuman manis dengan gula sekadarnya saja.

7. Durian

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://www.indiamart.com

Mengonsumsi durian saat hamil memang diperbolehkan, tetapi jangan sampai berlebihan. Konsumsi durian yang berlebihan dapat membuat perut menjadi panas dan menimbulkan kontraksi. Kontraksi sebelum waktunya ini sangatlah berbahaya karena bisa membuat bayi lahir prematur atau malah keguguran.

8. Makanan-Makanan Pahit

Makanan sehat untuk ibu hamil
http://travel.tribunnews.com

Makanan-makanan pahit seperti pare dan juga daun pepaya rupanya berbahaya bagi ibu hamil, lho. Elemen pahit dalam makanan dapat membuat janin menyusut dan juga meningkatkan risiko keguguran. Untuk itu, sementara hindari terlebih dahulu makanan-makanan dengan rasa pahit demi keamanan janin Anda sendiri.

9. Tape

Makanan sehat untuk ibu hamil
http://pelajaricaranya.blogspot.com

Sama seperti durian, tape juga mengandung alkohol yang timbul karena proses fermentasi. Nah, kandungan alkohol ini berisiko membuat kandungan menjadi panas, dan hal tersebut dapat menyebabkan kontraksi yang lebih cepat daripada seharusnya. Kontraksi yang lebih cepat pun dapat meningkatkan risiko prematur atau malah keguguran.

10. Gajih

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://sola.ai

Gajih atau lemak daging memang lezat dan membangkitkan selera makan. Namun mengonsumsi panganan yang satu ini saat hamil tidaklah bijak. Terlalu banyak mengonsunsi lemak akan meningkatkan kadar kolestrol dan membuat Anda mengalami komplikasi. Hal ini jelas akan menimbulkan berbagai masalah kehamilan, mulai dari sulitnya melahirkan hingga keguguran.

Demi menjaga kesehatan janin, maka penting bagi ibu hamil untuk betul-betul menahan diri dari mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Pola makan sehat ini juga seharusnya diteruskan hingga bayi lahir.

Mengapa? Memang setelah bayi lahir, tidak ada lagi makhluk hidup di dalam perut yang kesehatannya bergantung pada kesehatan tubuh Anda. Namun, setelah melahirkan tentunya Anda akan menyusui.

Maka, apa yang Anda konsumsi juga akan dikonsumsi oleh bayi melalui ASI atau air susu ibu. Jadi, penting bagi Anda mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui. Nah, apa sajakah makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan kualitas ASI Anda? Ini dia:

1. Kacang Merah

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://arsip2.kabar.news

Panganan yang satu ini mengandung zat besi, antioksidan, dan protein yang sangat tinggi. Tidak hanya meningkatkan jumlah ASI dan membuat badan Anda segar, mengonsumsi kacang merah juga dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif pada bayi Anda.

Bila bayi Anda nantinya telah masuk pada tahap mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI), kacang merah juga selayaknya disajikan sebagai makanan sehat untuk bayi. Selain lezat, konsumsi kacang merah akan meningkatkan kecerdasan anak Anda.

2. Daging Sapi Matang

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://dapuranggi.id

Daging sapi yang matang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan protein dan juga kaya akan zat besi, makanya mengkonsumsinya sangat cocok untuk asupan nutrisi bagi ibu yang lagi hamil muda. Protein yang sangat tinggi pada daging sangat berguna dalam pembentukan otot dan tulang pada bayi. Untuk itu, rutinlah memakan daging sapi yang benar-benar sudah matang, ya.

Konsumsi daging sapi juga mampu meningkatkan tenaga Anda. Seperti yang sudah kira ketahui, menyusui membuat kalori kita terbakar dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga seringkali membuat ibu menyusui mudah lemas. Nah, mengonsumsi daging sapj dapat membuat ibu menyusui menjadi segar kembali.

3. Bayam

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://www.kasihberita.com

Tahukah Anda apa salah satu zat yang paling penting dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui? Jawabannya adalah asam folat. Asam folat memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan fisik dan otak. Untuk itu, banyak ibu hamil serta menyusui yang membeli suplemen-suplemen yang tinggi dengan kandungan asam folat.

Namun Anda tak perlu membeli begitu banyak suplemen apabila Anda telah rutin mengonsumsi bayam. Pasalnya, sayuran hijau ini tidak hanya kaya akan zat besi, tetapi juga asam folat, lho.

4. Susu

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://www.merdeka.com

Optimalkan pertumbuhan gigi dan tulang anak Anda sejak bayi.  Caranya adalah dengan rutin memberikannya ASI. Supaya ASI Anda berkualitas dan penuh dengan kalsium tinggi, Anda harus rutin mengonsumsi susu.

Baik susu sapi maupun susu kedelai, keduanya memiliki kandungan kalsium yang baik. Nah, pilihlah susu yang sesuai untuk Anda, ya. Rutinlah minum susu di pagi hari sebelum beraktivitas dan sebelum menyusui anak Anda.

5. Brokoli

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://cookpad.com

Kaya akan berbagai vitamin dan mineral, brokoli dapat menunjang perkembangan bayi dan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Konsumsi brokoli secara rutin, berselang-seling dengan bayam. Selain itu brokoli juga sangat bermanfaat bagi ibu menyusui karena pengaruhnya yang sangat baik untuk kelancaran ASI

Jangan lupa juga untuk mencuci bersih brokoli dan memastikan bahwa tak ada debu atau cacing yang tertinggal di sela-sela brokoli agar Anda tak terkena diare. Kalau ibu diare, anak juga bisa berpotensi tertular.

6. Hati

Makanan sehat untuk ibu hamil
http://www.resepasia.com

Tidak hanya membuat ASI menjadi lebih deras, hati juga akan membuat susu menjadi berkualitas dan menunjang perkembangan fisik bayi. Hati kaya akan kolin dan zat tersebut sangatlah dibutuhkan bayi dalam masa-masa awal hidupnya.

7. Ikan Salmon

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://lifestyle.okezone.com

Ikan yang satu ini tinggi akan omega-3. Tak mengherankan apabila mereka yang rajin mengonsumsi ikan salmon memiliki perkembangan otak yang lebih optimal. Nah, siapa yang tidak mau memiliki bayi yang pintar?

Salah satu caranya untuk meraih hal tersebut adalah dengan mengonsumsi ikan salmon. Konsumsi ikan salmon dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Meski begitu, harus dilihat terlebih dahulu apakah bayi Anda memiliki riwayat alergi ataukah tidak. Ibu dengan bayi yang memiliki riwayat alergi kulit biasanya tidak disarankan untuk mengonsumsi salmon dan makanan laut lainnya sampai sang anak mencapai usia tertentu dan tubuhnya mulai mengembangkan imunitas yang dibutuhkan.

8. Kurma

Makanan sehat untuk ibu hamil
https://www.izlog.org

Bukan hanya dapat memberikan Anda kehamilan yang sehat, kurma rupanya sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, lho. Kurma tidak hanya membuat ASI menjadi lebih deras, tetapi juga meningkatkan tenaga Anda saat menyusui. Buah yang satu ini amat baik dikonsumsi ibu menyusui saat sedang berpuasa.

Memang ada banyak batasan yang harus dipatuhi ibu hamil dan menyusui. Namun siapa bilang makanan sehat untuk ibu hamil itu tidak enak dan membosankan? Bila kita cermat memilih sebetulnya makanan dan minuman untuk ibu hamil serta menyusui itu beragam dan juga lezat, kok.

Lagipula, selain berguna bagi bayi Anda, pola hidup dan pilihan makanan yang sehat juga bermanfaat bagi tubuh Anda sendiri. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, ya.

Related

5 thoughts on “Makanan Sehat Ibu Hamil Untuk Pertumbuhan Janin Yang Optimal”

Leave a Comment