Panduan Cerdas Memilih Makanan Sehat Agar Tubuh Anda Bugar

Panduan Cerdas Memilih Makanan Sehat Agar Tubuh Anda Bugar

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Untuk mendapatkannya, ada banyak usaha yang harus dilakukan, mulai dari olahraga teratur, tidur yang cukup, hingga mengonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Konsumsi makanan sehat
https://www.keluargaharmonis.net

Anda pasti pernah mendengar istilah you are what you eat, artinya apa yang Anda makan akan mencerminkan diri Anda sendiri. Saat Anda mengonsumsi makanan yang kurang baik, pasti akan muncul efek samping di dalam tubuh dan menimbulkan penyakit, begitu pula sebaliknya. Maka agar tubuh tetap sehat, Anda pun harus cerdas dalam memilih makanan.

Pengertian Makanan Sehat

pengertian makanan sehat
https://www.samishare.com

Makanan yang sehat bisa diartikan sebagai makanan yang memiliki gizi seimbang, artinya menu tersebut mengandung zat-zat yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang diketahui, tubuh memerlukan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, jadi makanan yang sehat adalah kebutuhan utama yang harus selalu dipenuhi.

Tak hanya untuk pertumbuhan, makanan juga bisa jadi sumber energi sehingga Anda bisa beraktivitas seharian. Makanan yang sehat juga bisa berfungsi sebagai pelindung tubuh, karena kekebalan akan otomatis meningkat apabila selalu mendapat asupan nutrisi yang berimbang.

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari idealnya harus mengandung beberapa zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, lemak, serta beberapa mineral penting lainnya. Nutrisi lengkap tersebut bisa Anda dapatkan lewat makanan yang beragam seperti nasi, sayuran, buah-buahan, atau yang biasa dikenal dengan sebutan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Mitos dan Salah Paham Makanan Sehat

mitos tentang makanan sehat
https://www.meetdoctor.com

Sampai saat ini mitos tentang makanan masih terus berkembang di tengah masyarakat, padahal sebagian besar mitos yang beredar tidak terbukti kebenarannya secara ilmiah. Berikut ini adalah beberapa mitos dan informasi salah kaprah yang berkaitan dengan makanan.

1. Sayuran Mentah Selalu Lebih Baik Ketimbang Dimasak

Sayuran Mentah Sehat
http://www.monitorulcj.ro

Sayuran mengandung banyak zat gizi yang bisa rusak ketika mengalami pemanasan selama dimasak. Oleh karena itu, sayur memang sebaiknya tidak diolah secara berlebihan agar kandungan gizi di dalamnya tidak berkurang.

Meski demikian, bukan berarti semua sayur harus dimakan mentah. Bahkan ada jenis sayuran yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, contohnya daun singkong. Daun singkong mentah justru mengandung zat racun yang berbahaya bagi tubuh. Untuk mengonsumsinya, daun singkong sebaiknya direbus atau dimasak dulu sebelum dimakan.

Untuk beberapa jenis sayur, proses pemanasan justru bisa meningkatkan kandungan gizinya. Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Cornell University, kadar likopen pada tomat bisa naik hingga 35% ketika dipanaskan. Likopen sendiri termasuk zat antioksidan yang berperan dalam kesehatan mata, mencegah kanker, dan dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Makanan yang Digoreng Pasti Menyebabkan Kegemukan

Makanan yang digoreng sebabkan kegemukan
https://arisprianda.blogspot.co.id

Makanan yang digoreng dengan minyak selalu dituduh sebagai sumber lemak dan penyebab kegemukan. Padahal tinggi atau rendahnya lemak tidak tergantung dari minyak, melainkan dari kandungan makanan yang digoreng. Selain itu, cara menggoreng juga sangat berpengaruh pada kualitas makanan yang dimasak.

Menggoreng dengan suhu rendah bisa menyebabkan penyerapan minyak berlebih pada makanan tersebut. Untuk itulah dianjurkan menggoreng makanan dengan suhu lebih dari 325°C untuk meminimalkan penyerapan minyak.

3.Yoghurt Selalu Baik untuk Tubuh

yoghurt makanan sehat untuk tubuh
https://www.merdeka.com

Yoghurt merupakan susu fermentasi yang dipercaya bisa meningkatkan kesehatan, tapi faktanya tidak semua jenis yoghurt baik untuk dikonsumsi. Yoghurt yang baik terbuat dari susu murni tanpa penambahan gula.

Ironisnya, saat ini banyak sekali produk yoghurt kemasan yang justru mengandung kadar gula tinggi. Bukannya menyehatkan, yoghurt seperti ini malah akan menurunkan kesehatan Anda.

4. Makanan Bebas Gluten Lebih Menyehatkan

Makanan Bebas Gluten Lebih Menyehatkan
https://hellosehat.com

Makanan bebas gluten merupakan makanan yang dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki penyakit celiac (alergi gluten). Jadi bila Anda tidak memiliki penyakit ini, Anda tidak perlu menghindari makanan bergluten. Selain itu, makanan bebas gluten juga tidak selalu lebih sehat, malah cenderung memiliki nutrisi lebih rendah dibanding makanan biasa.

5. Sirup Jagung Lebih Berbahaya dari Gula

Sirup Jagung Lebih Berbahaya dari Gula
https://hellosehat.com

Anggapan bahwa sirup jagung tidak baik bagi kesehatan tubuh memang benar, karena sirup jagung adalah pemanis buatan yang memiliki kadar fruktosa tinggi. Walau begitu, bukan berarti sirup jagung lebih berbahaya dari gula pasir biasa.

Faktanya, sirup jagung tidaklah berbeda dari gula pasir. Keduanya sama-sama bisa menurunkan kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

6. Granola Bar adalah Camilan Sehat

Granola Bar adalah Camilan Sehat
https://recipes.sparkpeople.com

Granola bar selalu dianggap sebagai camilan sehat. Makanan ini juga diklaim tidak menyebabkan kegemukan karena tidak mengandung kalori.

Pada kenyataannya, anggapan seperti itu salah besar karena granola bar terbuat dari cokelat, kacang-kacangan, minyak, dan juga gula. Jadi granola bar sebenarnya sama saja dengan camilan lain yang kurang menyehatkan bagi tubuh.

7. Sayur Organik Lebih Bergizi daripada Sayur Non-Organik

Sayur Organik Lebih Bergizi daripada Sayur Non-Organik
https://www.maxmanroe.com

Sayuran organik adalah sayuran yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida. Karena itu muncul anggapan bahwa sayuran organik jauh lebih menyehatkan daripada yang non-organik. Ini merupakan anggapan yang salah kaprah, karena faktanya kandungan gizi pada sayur organik maupun non-organik sebenarnya sama saja.

Jadi, mengonsumsi sayuran non-organik tetap menyehatkan bagi tubuh. Asalkan sayur dicuci dengan air mengalir hingga bersih untuk menghilangkan residu bahan kimia.

Berbagai Pilihan Menu Makanan Sehat

Berbagai Pilihan Menu Makanan Sehat
https://www.intanblog.com

Kebutuhan gizi pada setiap orang bisa berbeda-beda, semua tergantung dari usia, banyaknya aktivitas, hingga kondisi-kondisi tertentu seperti kehamilan. Bagi Anda yang masih bingung menentukan menu makanan, di bawah ini adalah beberapa pilihan yang bisa Anda coba :

1. Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
https://www.intanblog.com

Wanita yang sedang hamil tentunya membutuhkan banyak asupan gizi, bukan hanya untuk tubuhnya, tapi juga demi perkembangan calon bayi yang dikandungnya. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan asam folat, contohnya seperti makanan berikut ini :

  • Sayuran Hijau
sayuran hijau sehat
https://butonpos.fajar.co.id

Bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sayuran tersebut bisa dimasak dengan cara ditumis, dibuat sop, atau dijadikan cah sayur yang menyegarkan.

  • Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan sehat
https://www.superindo.co.id

Kedelai, kacang polong, dan buncis adalah makanan yang mengandung asam folat tinggi. Mengonsumsi kacang-kacangan juga juga bisa menambah asupan protein, zat besi, dan juga kalsium.

  • Ikan
ikan salmon sehat
http://palembang.tribunnews.com

Salah satu jenis ikan yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil adalah salmon, karena ikan jenis ini mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan. Untuk ibu hamil, sebaiknya hindari makan ikan salmon mentah seperti pada sushi, tapi makanlah ikan yang sudah melalui proses pemasakan.

  • Buah – buahan
Buah buahan makanan sehat
https://lifestyle.kompas.com

Hampir semua jenis buah baik untuk ibu hamil. Bagi yang tidak tahan rasa asam, sebaiknya pilih buah yang benar-benar masak, manis, dan berair, misalnya semangka, apel, anggur, atau stroberi.

2. Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Makanan sehat ibu menyusui
https://geosehat.com

Nutrisi yang diperlukan oleh ibu menyusui tak jauh berbeda dengan ibu hamil. Sayuran, buah-buahan, serta lauk-pauk sebagai sumber protein tetap diperlukan selama masa menyusui. Berikut contoh menu makanan sehat bagi ibu menyusui yang bisa dicoba sehari-hari.

  • Nasi Merah
Nasi merah sehat
https://www.cnnindonesia.com

Nasi merah sangat cocok bagi ibu menyusui, apalagi seorang ibu yang baru melahirkan biasanya ingin menurunkan berat badan. Nasi merah mengandung lebih banyak serat dibanding nasi putih sehingga bagus bagi siapa saja yang sedang melakukan diet.

  • Telur
Telur makanan sehat
https://satujam.com

Telur adalah sumber protein yang cukup mudah didapat sekaligus sangat baik bagi ibu menyusui. Untuk pilihan menu, telur bisa dimasak menjadi telur dadar, telur rebus, atau dibuat telur orak-arik yang dicampur dengan berbagai sayuran.

  • Daging Sapi dan Ikan
Daging sapi makanan sehat
http://sidomi.com

Daging sapi adalah salah satu sumber protein dan zat besi yang sangat dianjurkan bagi ibu menyusui. Di sisi lain, ikan adalah sumber DHA yang juga baik untuk pertumbuhan si buah hati, karena itu pilihlah ikan yang tinggi DHA seperti salmon atau tuna.

  • Sayuran Hijau dan Buah-Buahan
Sayuran hijau makanan sehat
https://abiummi.com

Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, atau bayam dikenal memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang bisa mencegah anemia. Tak hanya menyehatkan tubuh, sayuran hijau juga dipercaya bisa melancarkan ASI. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan untuk menambah vitamin dan serat yang baik bagi kesehatan.

3. Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan Sehat untuk Jantung
http://www.combiphar.com

Sebagai salah satu organ vital, jantung harus selalu dijaga kesehatannya, salah satunya dengan cara mengatur pola makan. Berikut adalah contoh makanan sehat untuk jantung yang bisa Anda coba di rumah.

  • Salad Buah dan Sayuran
salad makanan sehat
https://www.youtube.com

Bahan makanan nabati seperti sayur dan buah-buahan selalu baik untuk jantung. Bahkan penderita penyakit jantung selalu disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi dua jenis makanan tersebut. Salah satu menu yang bisa dicoba adalah salad sayur dan buah, karena menu ini lebih segar dan tidak memerlukan proses pengolahan yang berlebihan.

  • Menu Sereal
sereal makanan sehat
http://suryamalang.tribunnews.com

Menu sereal seperti oatmeal/ havermut sangat cocok untuk dijadikan sarapan karena baik bagi kesehatan jantung. Oatmeal adalah gandum berserat tinggi yang mampu menekan kolesterol sekaligus menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Daging Ayam dan Ikan
ayam dan ikan makanan sehat
https://annisarah.wordpress.com

Untuk sumber protein hewani, dianjurkan untuk memilih daging ayam atau ikan dan membatasi daging merah. Cara memasaknya pun harus diperhatikan, hindari penggunaan margarin atau mentega dan ganti dengan minyak zaitun yang lebih menyehatkan.

4.Makanan Sehat untuk Diet

Makanan sehat untuk diet
http://www.cantiknsehat.com

Diet sebaiknya dilakukan bukan hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan serta daya tahan tubuh. Karena itu diet yang paling baik adalah dengan memperbanyak konsumsi bahan makanan alami, contohnya seperti berikut ini.

  • Sayuran
sayuran sehat untuk diet
http://www.dokterku.co.id

Sayuran selalu bagus untuk dikonsumsi siapa saja, termasuk Anda yang sedang diet. Sayuran seperti selada, mentimun, kol, atau tomat, bisa dimakan mentah dengan dijadikan salad atau isian sandwich. Bila ingin lebih praktis, sayuran juga bisa dijus tanpa tambahan gula.

  • Buah-Buahan
buah sehat untuk diet
https://www.happyfresh.id

Buah-buahan mengandung banyak serat yang bisa melancarkan pencernaan dan sangat baik untuk diet. Anda bisa mengonsumsi buah apel, anggur, atau berbagai jenis buah berry yang kaya antioksidan. Tak hanya dimakan langsung, buah juga bisa dijus atau dibuat smoothies.

  • Nasi Merah
nasi merah sehat
https://www.infosehatpedia.com

Bagi Anda yang sedang diet, sebaiknya ganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih berserat. Selain itu, nasi merah memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah sehingga sangat amat bagi kesehatan.

  • Oatmeal
oatmeal makanan sehat
https://hellosehat.com

Oatmeal bisa jadi menu sarapan yang sangat praktis tapi juga menyehatkan. Agar lebih bervariasi, Anda bisa mencampur oatmeal dengan buah-buahan segar seperti pisang, kiwi, stroberi, atau blueberry.

5. Makanan Sehat untuk Kulit

Makanan Sehat untuk Kulit
https://www.cantiknyakulitsehat.com

Bila Anda menginginkan kulit yang sehat dan cerah, maka pilihlah makanan yang mengandung banyak vitamin, antioksidan, serta asam lemak Omega-3. Semua itu bisa Anda dapatkan di beberapa jenis makanan berikut ini.

  • Teh Hijau
teh hijau sebagai makanan sehat
https://lifestyle.kompas.com

Teh hijau dikenal memiliki kandungan aktioksidan yang cukup tinggi. Teh hijau mampu menangkal radikal bebas, membantu melindungi kulit, serta meremajakan sel-sel kulit Anda.

  • Buah Beri
Buah beri sebagai makanan sehat
https://www.jia-xiang.biz

Sama seperti teh hijau, buah-buahan jenis beri juga sangat kaya akan antioksidan, contohnya, stroberi, blueberry, blackberry, atau raspberry. Buah beri juga mengandung banyak vitamin yang bisa membantu melembabkan serta menjaga elastisitas kulit.

  • Alpukat
Alpukat makanan sehat
https://www.biutiva.com

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung banyak lemak sehat serta sejumlah vitamin yang bagus untuk kulit, termasuk vitamin C dan E. Selain dikonsumsi secara langsung, alpukat juga bisa dijadikan masker atau lulur untuk menghaluskan permukaan kulit.

  • Tomat dan Wortel
tomat makanan sehat
http://www.yebhiviral.com

Semua jenis sayur sebenarnya sangat baik untuk kesehatan kulit, namun sayuran berwarna merah seperti tomat dan wortel sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tomat dan wortel mengandung banyak likopen yang dipercaya mampu melindungi kulit Anda dari radiasi sinar matahari.

6. Makanan Sehat untuk Bayi

makanan sehat untuk bayi
https://life.idntimes.com

Bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan tentunya membutuhkan banyak gizi agar bisa berkembang dengan baik. Bila bayi usia 0-6 bulan harus diberi ASI secara eksklusif, bayi dengan usia di atas 6 bulan bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Berikut contoh MPASI yang cocok untuk buah hati Anda.

  • Pisang
Pisang makanan sehat
http://jogja.tribunnews.com

Pisang adalah jenis buah yang sangat umum untuk dijadikan MPASI. Pisang diketahui mengandung karbohidrat, vitamin, dan juga serat yang sangat baik untuk pertumbuhan. Pisang bisa dijadikan bubur atau smoothies agar lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi.

  • Bubur Nasi
Makanan sehat bubur nasi
https://resep82.blogspot.com

Bubur dari beras atau nasi juga bisa menjadi alternatif MPASI. Tapi agar lebih bergizi, bubur ini sebaiknya juga ditambah dengan beragam sayuran yang sudah dihaluskan, misalnya brokoli, wortel, atau kacang panjang.

  • Bubur Kacang Hijau
bubur kacang hijau makanan sehat
https://www.foody.id

Selain nasi, bubur dari kacang hijau juga bisa dicoba untuk menu MPASI. Kacang hijau sendiri adalah sumber protein yang juga mengandung asam folat, vitamin, kalsium, zat besi, serat, dan berbagai mineral yang sangat baik bagi tubuh bayi.

7. Makanan Sehat untuk Anak

makanan sehat untuk anak
http://nakita.grid.id

Seperti halnya bayi, seorang anak juga masih dalam tahap pertumbuhan sehingga harus mendapat asupan gizi yang cukup. Selain menu sayur dan buah-buahan, berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat anak yang sebaiknya diberikan secara rutin setiap harinya.

  • Minyak Ikan
minyak ikan makanan sehat
https://www.dokter.id

Minyak ikan mengandung Omega-3 yang merupakan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan, terutama untuk perkembangan otak. Omega-3 banyak terkandung dalam ikan tuna, salmon, sarden, atau makarel.

  • Roti Gandum dan Oatmeal
roti gandum makanan sehat
http://www.tokomesin.com

Anak-anak biasanya malas untuk makan, apalagi mengonsumsi sayuran yang dianggap tidak enak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengganti nasi dengan roti gandum atau oatmeal sebagai sumber karbohidrat. Selain itu, kedua makanan ini punya serat tinggi yang bagus untuk pencernaan.

  • Susu
susu dan makanan sehat
http://doktersehat.com

Susu tak hanya mengandung kalsium yang bagus untuk pertmbuhan tulang, tapi juga mengandung protein dan sejumlah vitamin. Produk olahan susu seperti keju juga bisa dijadikan alternatif menu makanan agar anak tidak mudah bosan.

Itulah beberapa contoh makanan sehat yang bisa Anda coba di rumah. Selain dari segi makanan, jagalah kesehatan Anda dengan rutin berolahraga, tidur yang cukup, serta menghindari kebiasan-kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related