Ragam Makanan Sehat untuk Bayi Usia MPASI

Ragam Makanan Sehat untuk Bayi Usia MPASI

Siapkan menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi Anda yang sudah memasuki usia 6 bulan. Pilihan makanan sehat untuk bayi beragam, maka tak perlu khawatir akan itu. Beberapa di antara yang menyehatkan akan dibahas dalam artikel ini. Pastikan Anda tak melewatkan satu pun. Berikut adalah daftarnya. Selamat membaca!

1. Brokoli

Makanan Sehat untuk Bayi
http://www.sajadah.co

Brokoli merupakan jenis sayuran yang kaya akan folat, kalsium, serta serat yang penting bagi perkembangan dan pertumbuhan tubuh bayi. Selain itu, terkandung pula sulfur yang dapat memberi rasa unik pada lidah bayi. Brokoli juga mengandung zat anti-kanker sehingga diakui pula sebagai makanan sehat untuk ibu hamil.

2. Daging

Makanan Sehat untuk Bayi
https://www.rasa.my

Dalam daging, terdapat unsur zinc dan zat besi yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Daging dapat diberikan pada bayi Anda setelah sebelumnya direbus dalam waktu yang lama hingga empuk. Cara lainnya adalah dengan mencincang atau menghaluskannya menggunakan blender.

3. Jeruk Mandarin

Makanan Sehat untuk Bayi
https://www.kaskus.co.id

Pemberian buah untuk si kecil yang baru memulai makan juga dianjurkan. Hal ini bertujuan agar bayi Anda tak melewatkan nutrisi baik yang terkandung dalam buah-buahan. Anda dapat memberikan jeruk mandarin untuk mengenalkan buah pada bayi. Selain rasanya yang manis alami, jeruk mandarin juga tinggi vitamin C.

Di samping vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terdapat pula zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga sel-sel tubuh bayi Anda senantiasa terjaga. Berikan buah jeruk ini sebagai selingan antara sarapan dan makan siangnya.

4. Labu

Makanan Sehat untuk Bayi
https://cariresepdisini.blogspot.com

Labu mudah dimasak karena teksturnya yang empuk. Rasanya manis serta mengandung banyak vitamin C dan A. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan visinya serta meningkatkan daya penglihatannya. Banyak mengonsumsi vitamin A sejak awal akan mengurangi risiko gangguan penglihatan yang mungkin terjadi kelak.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan Sehat untuk Bayi
https://bogor.net

Jenis sayuran ini unggul dalam kandungan zat besi dan asam folatnya. Sementara zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah, asam folat bertanggung jawab atas kecerdasan otaknya. Pilihan sayur terbaik dari penganan ini adalah bayam. Dan bayam ternyata juga bermanfaat untuk konsumsi ibu menyusui dalam rangka meningkatkan kualitas ASI nya.

6. Sereal

Makanan Sehat untuk Bayi
http://www.makananbayi-sehat.com

Tekstur sereal sesuai dengan pencernaan bayi yang baru memulai makan. Sereal yang umum dan mudah didapat adalah yang terbuat dari biji gandum utuh dengan tambahan zat besi. Waktu yang terbaik untuk memberikan sereal adalah di pagi hari sebagai sarapan.

Oleh karena sifatnya yang mengenyangkan lebih lama, maka berikan si kecil makanan ringan di waktu makan berikutnya, seperti buah atau sarinya. Anda dapat memberikan sereal dengan mencampur ASI perah atau air putih.

7. Yoghurt

Makanan Sehat untuk Bayi
https://cookpad.com

Yoghurt baik dikenalkan pada bayi mulai usia 6 bulan ke atas. Di dalamnya terkandung vitamin D dan kalsium yang tinggi sehingga menjaga perkembangan tulang dan giginya tetap optimal. Yoghurt dapat pula meningkatkan sistem imunitas bayi serta menjaga kesehatan otak dan jantung.

Berikan yoghurt plain (tawar) tanpa tambahan aroma dan gula untuk si kecil. Campurkan pada pure buah dan tambahkan dengan ASI perah atau air putih agar semakin encer dan mudah ditelan. Buah yang tepat untuk diberikan sebagai pure, misalnya apel, alpukat, atau pisang.

Pada tahapan awal mengonsumsi MPASI ini, biarkan bayi Anda merasakan rasa alami dari tiap-tiap jenis penganan itu. Hindari penambahan garam dan gula. Sementara yang satu tidak baik bagi fungsi ginjal, yang lain memicu kerusakan gigi.

Catatan lain dari pemberian MPASI ini adalah ASI tetap menjadi nutrisi utama bagi bayi hingga usianya 2 tahun. Karena, meski semuanya termasuk makanan sehat untuk bayi Anda, tetap saja statusnya hanya pendamping ASI. Jadi, pastikan ASI tetap dikonsumsi oleh si kecil dengan optimal!

Related

Leave a Comment