Tips Sukses Memulai Bisnis Jasa Pengiriman

Tips Sukses Memulai Bisnis Jasa Pengiriman

Bisnis jasa pengiriman sampai saat ini masih memiliki prospek yang bagus. Alasannya, bisnis jasa ini masih dibutuhkan oleh banyak orang untuk mengantarkan barang. Apalagi, banyaknya online shop semakin menambah ramainya usaha ini.

Menurut International Franchise Association, bisnis jasa pengiriman merupakan satu di antara sepuluh usaha unggulan dalam 20 tahun ke depan. Karena itu, Anda tak perlu ragu bila ingin membuka bisnis ini.

Lantas, bagimana caranya memulai bisnis ini? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, artikel di bawah ini akan menjelaskan soal usaha jasa pengiriman. Silahkan menyimak baik-baik penjelasan berikut ini :

1.Cara Membuka Usaha

Bisnis Jasa Pengiriman
http://www.ariefabian.com

Langkah awal untuk membuka usaha pengiriman adalah menentukan jenis layanan terlebih dahulu. Alasannya, bisnis ekspedisi mempunyai beberapa spesialisasi, jadi Anda harus tentukan spesialisasi jenis layanan apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

Penentuan jenis layanan ini harus tepat, karena berhubungan dengan modal, tenaga kerja, dan lokasi usaha. Ada beberapa pilihan jenis layanan yang bisa dipilih, antara lain kurir dalam kota, kurir antar kota, agen ekspedisi lokal, nasional, atau bahkan agen ekspedisi luar negeri.

2. Modal

Bisnis Jasa Pengiriman
https://prelo.co.id

Setelah menentukan spesialisasi apa yang ingin dilakukan, Anda bisa langsung menyiapkan modal. Untuk jumlah besarnya modal, disesuaikan dengan jenis spesialisasi jasa pengiriman yang dipilih dan seberapa besar skala usahanya.

Yang membutuhkan modal kecil adalah kurir dalam kota. Sedangkan, ekspedisi luar pulau dan luar negeri jelas membutuhkan lebih banyak dari kurir dalam kota.

Jika Anda memilih untuk menjadi agen ekspedisi yang diwaralabakan, maka modal yang disiapkan tergantung dari harga franchise yang ditawarkan masing-masing perusahaan ekspedisi. Syarat dan ketentuannya juga mengikuti ketentuan perusahaan ekspedisi yang ingin Anda ikuti.

Modal yang dipakai, juga berkaitan dengan jenis transportasi yang dipilih untuk mengirimkan barang. Jika spesialisasi yang dipilih adalah kurir dalam kota, sepeda motor ataupun mobil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau wilayah tujuan pengiriman.

Untuk spesialisasi ekspedisi yang dipilih adalah pengiriman luar pulau atau luar negeri, Anda harus menggunakan kombinasi transportasi antara pesawat atau kapal dengan mobil atau truk. Penggunaan transportasi darat berupa kereta api juga menjadi pilihan untuk jasa antar ke luar kota.

3. Tips Usaha

Bisnis Jasa Pengiriman
https://www.aturduit.com

Saat memulai bisnis ini, selain modal dan jenis layanan yang ingin ditawarkan, ada beberapa tips usaha yang bisa digunakan sebelum mulai usaha maupun saat telah berjalan. Berikut tips usaha pengiriman yang wajib Anda perhatikan :

Lokasi yang Strategis

Bisnis Jasa Pengiriman
https://koinworks.com

Penentuan lokasi dalam menjalankan usaha ini memiliki peranan penting. Lokasi yang strategis bisa menentukan keberhasilan usaha ekspedisi yang sedang Anda jalankan. Pastikan lokasi usaha Anda dekat dengan pangsa pasar yang ingin dituju. Sebaiknya, lokasinya mudah terlihat, dan bisa dengan mudah diakses orang. Misalnya, pemukiman padat penduduk, kampus, area perkantoran, pelabuhan, sekitar terminal, atau kawasan bandara.

Keamanan Barang

Bisnis Jasa Pengiriman
https://www.tokopedia.com

Menjaga keamanan barang yang diantar menjadi kunci dalam menjalankan bisnis ini. Hal ini karena, bisnis pengiriman adalah usaha yang bergerak dalam bidang jasa, sehingga kepercayaan konsumen yang menitipkan barang untuk diantar menjadi hal yang utama.

Melihat pentingnya hal ini, Anda harus selektif dalam memilih barang yang ingin dikirim. Ada berbagai macam dan bentuk barang yang mudah pecah atau rusak, sehingga memerlukan pengemasan ekstra.

Sebagai contoh, gelas, piring, ataupun elektronik, Anda harus mengemasnya dengan menggunakan kayu. Sedangkan untuk dokumen atau surat penting harus memakai tas yang anti air atau anti api.

Jika pengemasannya aman dan kuat, barang yang dikirimkan dapat tiba di tempat yang dituju dengan selamat dan utuh. Konsumen pastinya juga akan senang melihat barangnya tidak memiliki kekurangan apapun

Tepat Waktu dan Informatif

Bisnis Jasa Pengiriman
https://www.exportimportcargo.com

Saat mengirim barang klien tentukan jangka waktu barang kiriman sampai di tempat tujuan. Jangan sampai barang terlambat sampai dari waktu yang telah dijanjikan. Jika perlu, sediakan call center bagi konsumen untuk mengecek keberadaan kirimannya. Kepuasan konsumen juga terletak ketepatan waktu dan pelayanan jasa pengiriman milik Anda.

Promosi

Bisnis Jasa Pengiriman
https://www.riafasha.com

Promosi sangat diperlukan jika Anda baru memulai bisnis ini. Selain itu, promosi bisa membuat bisnis pengiriman yang telah dimulai tetap ramai.Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis Anda. Bisa menggunakan brosur, iklan di koran, hingga menggunakan marketplace. Lebih bagus lagi kalau promosinya disertakan ide ide yang unik untuk mengundang rasa penasaran khalayak ramai. Sekarang Anda sudah mengetahui cara untuk memulai bisnis jasa pengiriman. Sekarang, silakan Anda mencobanya. Semoga sukses!

Related

Leave a Comment